Jumat, 27 Mei 2016

“PAHLAWAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN”

PAHLAWAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN”
 
Artikel ini Saya tulis agar semua orang menyadari bahwa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dalam kehidupan sehari-hari, dan tidak lupa untuk selalu menghargai jasa-jasa petugas kebersihan sebagai pahlwan dalam menjaga kebersihan lingkungan di kawasan kita, kalau bukan karena mereka, apa kabar dengan kondisi lingkungan kita saat ini dan ke depannya ? J
Menjaga kebersihan lingkungan sangatlah penting bagi kita sebagai makhluk sosial, terutama dalam hal kepedulian terhadap kebersihan dan kesehatan lingkungan. Kebersihan lingkungan merupakan hal yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia dan merupakan unsur yang fundamental dalam ilmu kesehatan dan pencegahan. Yang dimaksud dengan kebersihan lingkungan adalah menciptakan lingkungan yang sehat sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit seperti demam berdarah, muntaber dan lainnya. Ini dapat dicapai dengan menciptakan suatu lingkungan yang bersih, indah, dan nyaman. Akan tetapi masih banyak sebagian orang yang kurang peduli dan mengabaikan hal tersebut, dikarenakan masyarakat selalu tidak sadar akan hal kebersihan lingkungan. Tempat pembuangan kotoran tidak dipergunakan dan dirawat dengan baik dikarenakan kurangnya perhatian masyarakat terhadap kebersihan di lingkungannya. Padahal kita juga sering melihat petugas kebersihan di perumahan, terminal, tempat hiburan, pasar dan jalan-jalan besar atau di tempat-tempat lainya. Mereka dengan senantiasa dan tak mengenal lelah setiap harinya membersihkan tempat-tempat tersebut. Disadari atau tidak mereka merupakan bagian penting dari masyarakat yang terlupakan, terpinggirkan, bahkan kita cenderung menganggap sebelah mata kehadiran dan pekerjaan mereka. Kepedulian terhadap petugas kebersihan perlu  kita tanamkan juga agar dapat meringankan beban mereka, dengan cara membiasakan diri untuk menjaga kebersihan dimana saja supaya terhindar dari segala penyakit akibat lingkungan yang kurang bersih dan sehat.
Kebersihan lingkungan adalah menciptakan lingkungan yang sehat sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit. Kebersihan adalah salah satu tanda dari keadaan higiene yang baik. Manusia perlu menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan diri agar tidak menyebabkan kotoran, atau menularkan penyakit bagi diri sendiri maupun orang lain. Karena itu kita harus selalu menjaga kebersihan lingkungan karena banyak sekali manfaatnya untuk kehidupan.
Adapula bagian terpenting dari masyarakat yang cenderung masih banyak yang meremehkan pekerjaannya, dan mereka sering direpotkan dengan sampah-sampah dan lingkungan yang kotor, yaitu petugas kebersihan. Petugas kebersihan adalah salah satu profesi penting yang sering sekali kita abaikan. Profesi yang sering dipandang sebelah mata ini, sebenarnya sangat berperan penting dalam siklus hidup sebuah kota. Para petugas kebersihan lingkungan ini bekerja hampir tanpa kenal waktu, di saat pagi buta dengan udara dingin yang menusuk kulit para petugas ini mulai berjibaku dengan sampah-sampah yang berserakan di hampir setiap sudut kota di pinggir jalan. Bahkan, di kota-kota besar dan kota penyangga peran para petugas kebersihan seolah tidak pernah dilirik oleh masyarakat, padahal para petugas inilah yang ada di barisan depan saat sampah-sampah dengan bau khasnya menyengat hidung, tapi tetap saja kita dengan asyiknya membuang sampah di tempat umum.
Disini Saya akan sedikit menceritakan pengalaman saya dengan kawan-kawan ketika mengobrol dengan salah satu  Petugas Kebersihan di daerah Kampus BHI.

Pada hari Senin, 09 Desember 2013, Pukul 07.00 Pagi kami mengunjungi seorang petugas kebersihan yang sedang membersihkan sebuah halaman di sekitar jalan taman. Beliau bernama Bapak Sadur Suryadi. Kedatangan kami disambut baik oleh beliau, dan memberitahukan maksud serta kedatangan kami untuk meminta izin mewawancarainya. Dan beliau pun bersedia untuk kami wawancarai. Dalam sesi wawancara kami terlebih dahulu menanyakan latar belakang beliau dan beberapa hal yang bersangkutan dengan pekerjaannya sebagai petugas kebersihan lingkungan.
Bapak Sadur Suryadi adalah seorang petugas kebersihan yang biasa membersihkan setiap sudut-sudut tempat di kawasan BHI dan sekitar jalan taman. Beliau merupakan petugas kebersihan yang sudah berusia lanjut, karena umurnya sudah hampir menginjak 70 tahun. Dan beliau pun selaku penasehat-penasehat bagi petugas kebersihan lainnya karena sudah dianggap sebagai sesepuh. Bapak Sadur Suryadi mulai bekerja dari pukul setengah 7 pagi sampai pukul 4 sore. Beliau bekerja sebagai petugas kebersihan sudah hampir 17 tahun (paling lama bekerja di tempat tersebut) dan penghasilannya sebagai petugas kebersihan sederhana, “yang penting cukup untuk makan keluarga” ujarnya. Untungnya beliau hanya mempunyai tanggungan untuk membiayai isterinya, namun isteri beliau sedang sakit. Bapak Sadur Suryadi tinggal bersama keempat anaknya yang sudah berkeluarga. Meskipun tinggal di dalam satu rumah yang cukup kecil serta sederhana bersama ke empat anaknya, namun beliau tetap bersyukur. Kehidupan sehari-hari pun terbantu oleh anak-anaknya, sehingga meringankan penghasilannya sebagai petugas kebersihan. Sebelumnya beliau pernah menjadi RT dan RW di kampungnya selama 2 tahun 2 periode. Meskipun beliau sudah tua, namun semangatnya untuk menjaga dan membersihkan lingkungan merupakan sudah menjadi bagian dari pekerjaan sekaligus hobbinya, dan menurut kami itu merupakan pengabdian yang luar biasa terhadap kebersihan lingkungan. Karena menurutnya usia tua bukan berarti malas-malasan apalagi dalam masalah kebersihan lingkungan, dan beliau pun memang merasa nyaman bekerja di tempat tersebut. Meskipun seringkali ada beberapa pengguna jalan yang membuang sampah seenaknya, namun itulah resiko yang harus ditanggungnya. Karena pengguna jalan seringkali acuh tak acuh terhadap kebersihan meskipun sudah disediakan tempat sampah di lingkungan tersebut. Menurutnya, pengguna jalan hanya ingin menggunakan fasilitas jalan tanpa memperhatikan kondisi kebersihan dan keindahan jalan sekitar taman. “Banyak yang buang sampah sembarangan mah neng, bapa juga udah nasehatin tapi tetep aja lah, namanya juga jalan umum. Bapa mah hanya bisa membersihkannya aja hehe” Ujarnya. Begitulah pendapat petugas kebersihan yang sudah tua tersebut, beliau beranggapan masih banyak pengguna jalan yang tidak peduli terhadap kebersihan lingkungan.
Menurut kami semua orang memang menyukai lingkungan yang bersih, hanya saja mereka belum belum mau menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. “Saya hanya bisa berpesan, tolong lah dijaga kebersihan lingkungan dimana saja, jangan buang sampah sembarangan, kan tempat sampah sudah banyak dimana-mana apalagi tempat umum. Lagi pula kalau jalanan ini bersih kan nyaman buat dilewatinnya juga, gak bau sampah, kalau hujan juga selokan gak tersumbat, taman bagus enak dilihat. Harusnya pengguna jalan lebih prihatin lah sama kebersihan lingkungan disini. Ini kan jalan umum, mereka-mereka juga yang pake.” Ujarnya. Itulah pesan dari Bapak Sadur Suryadi selaku petugas kebersihan yang sudah lanjut usia namun tetap ingin bekerja sebagai petugas kebersihan lingkungan. Beliau berharap semoga kebersihan lingkungan lebih diperhatikan dimana saja dan untuk siapa saja, karena manfaatnya juga untuk kita sendiri.

LALU BAGAIMANA Kepedulian Masyarakat Terhadap Kebersihan Lingkungan?

Sebagaimana kita ketahui bahwa kepedulian masyarakat tentang sadar lingkungan sangatlah minim/kurang. Dari hal tersebut kita dapat mengambil kesimpulan bahwa masyarakat masih belum peduli terhadap kebersihan lingkungan sekitarnya. Kebanyakan dari mereka berfikir secara parsial dan hanya ingin menguntungkan diri sendiri. Seperti pembuangan sampah yang tidak pada tempatnya, polusi udara, pencemaran air, dan lain-lain. Hal tersebut mengakibatkan keadaan yang merugikan seperti banyaknya sampah yang menumpuk di parit rumah dan kanal air yang bisa menyebabkan banjir. Untuk itu marilah kita sama-sama menjaga segala fasilitas umum yang tersedia dan juga turut andil dalam menjaga kebersihan lingkungan. Kesadaran dan kepedulian masyarakat lah yang sangat diharapkan, dan juga peran pemerintah yang terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk memberikan informasi yang tepat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Oleh karena itu, apa saja manfaat yang kita peroleh jika menjaga kebersihan lingkungan ?

Tentu saja ada !

- Terhindar dari penyakit yang disebabkan lingkungan yang tidak sehat.
- Lingkungan menjadi lebih sejuk.
- Bebas dari polusi udara.
- Air menjadi lebih bersih dan aman untuk di minum.
- Lebih tenang dalam menjalankan aktifitas sehari-hari, dll.

Petugas kebersihan lingkungan merupakan seorang pahlawan yang patut kita hargai dan hormati dalam masyarakat. Namun, peran para petugas kebersihan seolah tidak pernah dilirik oleh masyarakat, padahal para petugas ini lah yang ada di barisan depan saat sampah-sampah dengan bau khasnya menyengat hidung. Jasa dan pengabdiannya dalam menjaga kebersihan lingkungan memang tak pernah kita sadari. Sudah semestinya kita patut memberikannya penghomatan dengan ikut serta menjaga kebersihan lingkungan dan merawat dengan baik fasilitas kebersihan yang ada. Lingkungan akan lebih baik jika semua orang sadar dan bertanggung jawab akan kebersihan lingkungan, karena hal itu harus ditanamkan sejak dini. Dengan kita melakukan hal tersebut, sudah dapat meringankan beban petugas kebersihan lingkungan. Karena di agama Islam pun kita di ajarkan untuk selalu hidup bersih, karena kebersihan adalah sebagian dari iman.


Semoga kisah ini dapat bermanfaat bagi pembaca, menjadi inspirasi bagi kita untuk selalu memelihara kebersihan lingkungan dan sehingga kita dapat menghargai pahlawan kebersihan kita J

Sumber :
http://www.rupawa.com/asset/art/100001880/suparman-pahlawan-kebersihan_thumb_500x500.png

Tidak ada komentar:

Posting Komentar